4 Tantangan berat yang harus dihadapi pebisnis online untuk bisa survive

4 Tantangan Pelaku Bisnis Online yang Ingin Survive

Tantangan bisnis online – pada dasarnya hampir sama dengan bisnis offline pada umumnya. Sama-sama memiliki tantangan dan risiko yang harus dilalui agar aktivitas bisnis online tidak terganggu. Risiko bisnis online yang dapat mengganggu aktivitas tersebut biasanya terjadi karena beberapa faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Risiko bisnis online dari faktor internal timbul dari sisi internal bisnis misalnya terkait sumber daya manusia yang dimiliki, kinerja yang tidak maksimal, dan lain sebagainya. Sedangkan  risiko bisnis eksternal timbul dari eksternal bisnis, misalnya terkait dengan pihak konsumen yang memiliki kebutuhan atau permintaan yang berubah-ubah. Dengan risiko bisnis online yang cukup beragam dan mungkin bisa menimpa Anda kapanpun, maka sebaiknya sebagai pebisnis harus lebih waspada dalam mengamati segala aspek kehidupan bisnis yang sedang berjalan.

Tantangan bisnis online agar lebih survive

Konsep bisnis online memudahkan pelaku bisnis memetakan strategi marketing lebih detail.

Peminat bisnis online memang sangat besar, bahkan kini sudah menjadi lifestyle, alasannya beragam, salah satunya karena modalnya relatif minim dan tak harus punya toko, minimal sewa. Maka tak heran bila bisnis online ini kompetitornya sangat banyak dan kuat. Oleh sebab itu, siapa saja yang ingin terjun ke bisnis online disarankan untuk mengkonsepnya dengan rapi untuk meminimalisir risiko. Lantas apa saja risiko yang bisa terjadi di dunia bisnis online?

Artikel Terkait : Bisnis Online untuk Pemula dengan Modal Minim

Berikut ini penjelasan mengenai 4 risiko bisnis online yang paling umum terjadi dan perlu Anda ketahui:

  1. Persaingan yang ketat

Ibarat roti, pebisnis online adalah semut, semua ingin makan dan jumlahnya bisa ratusan bahkan hingga puluhan ribu. Sama halnya dengan jualan di internet. Kemudahan dan efisiensinya adalah daya tarik utama yang membuat orang berbondong-bondong mencoba peruntungan bisnis online tersebut. Hingga pada akhirnya kita temukan barang dan jasa yang sama diberbagai laman, kemudian terjadilah kompetisi yang berpotensi mempersempit peluang dan mengancam eksistensi. Maka, sangat amat disayangkan bila Anda tidak totalitas dalam berbisnis, yang ada justru merugi karena tidak balik modal.

4 solusi dari persaingan begitu ketat adalah, pertama, dengan pasang harga bersaing, tak perlu untung banyak yang penting bisa memikat costumer dan menjadikannya pembeli setia. Kedua, produk dan jasa yang Anda tawarkan harus berkualitas, minimal sama dengan toko sebelah, jangan sampai dibawah standar. Ketiga, menjual produk yang berbeda dan unik dari penjual lain. Keempat, gunakan strategi promosi yang baik dan terkonsep.

Bila keempat solusi tersebut bisa Anda kuasai dan diterapkan, tentu bisnis Anda tak akan mudah tesisihkan oleh kompetitor dan sanggup bertahan hingga memiliki pasar lebih luas.

  1. Penipuan

Risiko kedua dalam bisnis online yang prosentasenya cukup tinggi adalah terjadinya penipuan. Aktifitas penipuan ini cukup mengganggu kegiatan bisnis dan paling dihindari oleh semua pebisnis. Transaksi dilakukan secara online, tidak tahu seperti apa konsumen yang sedang kita layani, begitu juga sebaliknya. Apabila penipuan ini dialami oleh pebisnis, maka bisa dihindari dengan melakukan pengecekan ulang data kostumer serta meminta data diri valid untuk memudahkan pelacakan dan membuat laporan kepada pihak yang berwajib. Bila penipuan terjadi pada kostumer, tentu sangat disayangkan. Kostumer merugi sejumlah uang, kemudian membuat testimoni atau berkomentar tentang pengalamannya berbelanja di toko online tempat Anda berjualan. Apa yang terjadi bila testimoni tersebut dibaca oleh pengunjung? Tentu akan berfikir ulang. Pelaku bisnis menipu kostumer diibaratkan seperti bunuh diri. Dia akan kehilangan nama baik bahkan bisnisnya akan hilang juga.

Bila oknum yang dengan sengaja melakukan fake testimoni, maka gunakan data order yang Anda simpan untuk menampik isu miring yang beredar.

Akan tetapi terlepas dari itu semua, penting untuk mengutamakan rasa tanggung jawab, melayani dengan baik, ramah terhadap calon pembeli, mementingkan kepuasan pembeli diatas kepentingan pribadi dan sebagainya.

  1. Banyaknya permintaan konsumen dan perubahan minat

Banyaknya permintaan konsumen dan perubahan minat ini sering sekali dialami oleh pelaku bisnis online, dikarenakan transaksinya sangat mudah, hanya melakukan pembelian produk melalui internet. Bisa jadi hal tersebut malah berisiko terhadap bisnis yang Anda geluti bila tidak diatasi dengan baik. Hal ini sangat beralasan, karena pada prinsipnya Anda sebagai business owner harus bisa membaca peluang dan memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Bila Anda sudah bisa memberikan produk sesuai dengan permintaan konsumen, maka tugas berikutnya adalah memenuhi kebutuhan suplai barang untuk konsumen yang menginginkan stock barang banyak.

Tidak mengherankan bila konsumen banyak yang memilih bisnis online lain yang juga memiliki produk serupa dengan produk yang Anda jual. Ketika pelaku bisnis online bisa memenuhi  permintaan pasar yang tak menentu dan berubah-ubah serta mampu memberikan produk yang tepat, bisnis online Anda pasti bisa bersaing, tapi bukan berarti setiap perubahan harus dituruti.

Pelaku bisnis online harus cerdas dalam memutuskan produk yang layak dan bisa tahan lama, tak hanya momen tertentu saja (tren).

  1. Pemasaran online

Teknik marketing atau pemasaran adalah salah satu tantangan bisnis online yang berdampak cukup besar. Pemasaran bisnis online tidak boleh sembarangan dan harus terkonsep dengan rapi. Ketika Anda tidak bisa melakukan teknik marketing dengan baik, mulai dari website yang monoton, tidak menggunakan teknik copywriting yang tepat, gambar yang kurang pas, hingga kecepatan dalam memberikan respon dan lain-lain. Maka yang akan terjadi adalah kerugian, stock barang menumpuk, bosan hingga menyerah karena usahanya tidak membuahkan hasil.

Cara mengatasi hal tersebut adalah meningkatkan networking dengan cara berkumpul dengan komunitas internet marketing, investasi ilmu dengan belajar dari pakar, membeli buku marketing best seller dan lain-lain.

Sekian, semoga 4 Tantangan berat yang harus dihadapi pebisnis online untuk bisa survive ini bermanfaat.

Comments are closed.